HOME > Tentang Saya
 
 
 

Tentang Saya


BIODATA 

Muchid Albintani, lahir di Kijang, Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Ia menggeluti bidang jurnalistik sejak mahasiswa yang aktif di Surat Kabar Kampus (SKK) Bahana Mahasiswa Universitas Riau. Sementara pengalaman profesional bekerja di bidang jurnalistik dimulai di Harian Pagi  Riau Pos, Redaktur Padang Ekspres, Redaktur Pelaksana Majalah Budaya Sagang, Redaktur Minggu Riau Pos, Redaktur Opini Riau Pos dalam Riau Pos Group. 

Pengalaman jurnalistik di luar Riau Pos Group adalah, koresponden Harian Ekonomi Bisnis Indonesia dan koresponden Majalah Mingguan Berita Tempo di Malaysia.  Hasil tulisan Muchid Albintani sudah tersebar di pelbagai media massa lokal (Riau Pos, Batam Pos, Pekanbaru Pos, Padang Ekspres, Semarak, Genta, Sempadan, dll). Media nasional di antaranya,  Harian Kompas, Bisnis Indonesia, Tempo, Media Indonesia dan Jawa Pos.   

Dalam penerbitan buku, selain penulis juga sebagai editor. Buku yang dieditorinya  antara lain: “DPRD Riau Digugat: Kilas Balik Pemilihan Gubernur Riau (1993-1998)”, “Riau Menatap Masa Depan: Kepemimpinan Era Reformasi”. “Teluk Meranti Tertatih Kumpulan Karya Jurnalistik Rida Award 2009”. Kemudian bersama Abdul Kadir Ibrahim (Akib), ia menulis buku biografi, “Abdul Manan Saiman: Cakap Rampai Orang Patut-patut”.  Menulis buku the best seller versi Gramedia Pekanbaru yang berjudul, “Dari Riau Merdeka Sampai Otonomi Nol” dan “Berburu Rente di Perbatasan: Menolak Pembangunanisme di Riau Kepulauan”.     

 Saat ini,  ia bekerja sebagai ASN dan pendidik di Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau. Alumni Jurusan Ilmu Pemerintahan Unri ini, memperoleh gelar S2 Master of Philosophy (M.Phil) di Universitas Kebangsaan Malaysia tahun 2004. Sedangkan gelar S3 Philosophy of Doctor (PhD) diperolehnya pada universitas yang sama tahun 2013.  Ia juga anggota dari The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH) Jakarta, dan pemegang Sertifikat Hypnotherapy (CHt) serta Sertifikat Instruktur (CI) dari IBH. Rindu Dini merupakan antologi sajaknya yang pertama.   ‘Revolusi ‘Longkang ‘ [kumpulan sajak politik] kumpulan sajak yang ke-2. Insya Allah ‘Para  Penyembah Batu’ [kumpulan sajak Sufi] menyusul..


 
 
 
muchidalbintani.com